Minggu, 14 Juni 2020

My Bisnis


Hai semua, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bisnis yang akan saya jalankan. Sebelumnya kalian sudah paham bukan apa itu bisnis? Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada jonsumen dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba (profit).
Nah, saya akan menjelaskan bisnis yang akan saya jalankan. Saya akan berbisnis di duna kecantikan atau lebih tepatnya di dunia permaskeran wajah kecantikan. Kenapa saya mengambil itu karena di era modern ini kebanyakan orang baik perempuan maupun laki-laki pasti akan mementingkan penampilan maka dari itu saya memutuskan untuk mencoba menjalankan bisnis di dunia tersebut. Lalu dari manakah sumber ide bisnis yang saya dapatkan? Saya mendapatkan ide bisnis ini dari hobi saya yang sering sekali mencoba berbagai masker, ada beberapa masker yang memang cocok dan tidak cocok di saya maka dari itu suatu ketika pada saat mengalami break out saya memutuskan untuk meracik masker sendiri untuk permasalahan kulit saya waktu itu.
Saya akan mendeskripsikan tentang produk saya ini. Jenis masker yang akan saya jualkan adalah masker wash off mask atau masker bilas dengan kualitas premium dan 100% menggunakan bahan-bahan organik. Saya akan mengeluarkan 3 jenis varian yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit wajah orang Indonesia. Permasalahan kulit wajah yang di alami orang Indonesia adalah wajah berjerawat, wajah kusam, dan wajah kering. Nah kebetulan waktu itu saya mengalami break out maka timbullah beberapa jerawat di wajah saya, saya mencoba membuat masker yang cocok untuk mengatasi kulit berjerawat. Bahan utama yang saya gunakan untuk kulit berjerawat adalah moringa atau daun kelor dengan biji klabet, kedua bahan ini sangat cocok untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya bahkan bisa menghilangkan bopeng juga loh, saya sudah mencobanya dan benar-benar ampuh untuk mengempeskan jerawat. Lalu untuk varian kedua yaitu untuk wajah kusam, bahan utama yang saya gunakan adalan cinnamon atau kayu manis dengan cokelat, nah kedua bahan ini benar-benar sangat bagus untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang kusam saya sudah membuktikannya di wajah ibu saya. Perlahan wajah ibu saja mulai tidak kusam lagi. Dan terakhir jenis varian untuk wajah kering, bahan utama yang saya gunakan adalah almond dan bunga mawar, kedua bahan ini sama-sama memiliki manfaat melembabkan jadi sangat cocok untuk yang memiliki permasalahan wajah kering, saya juga telah mencobanya dan berlahan beberapa area yang kering sudah mulai lembab kembali. Selain menggunakan dua bahan utama tersebut saya juga menggunakan  oat atau gandum, beras hitam, beberapa jenis oil, dan susu kedelai. Semua bahan-bahan yang saya gunakan sudah saya cari tahu manfaatnya dan bahan yang saya gunakan bukan bahan yang jelek melainkan bahan-bahan dengan kualitas premium dan tentunya 100% organic.
Hal yang saya lakukan pertama dalam produksi adalah membuat kemasannya semenarik mungkin sehingga membuatnya banyak dilihat konsumen. Saya juga akan memproduksinya dengan sangat steril dan menggunakan teknologi mesin yang memang di khususkan untuk membat masker, mesin yang saya gunakan adalah alat giling untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut, lalu mesin untuk mencampurkan bahan-bahan yang sudah di giling, karena saya mencampurkan beberapa jenis oil maka tekstus bubuk yang telah di campurkan akan rada berminyak atau dapat dikatakan lembab maka saya akan memanggangnya tapi akan lebih bagus jika menggukan sinar matahari tetapi karena untuk mempersingkat waktu saya akan menggunakan oven, lalu setelah bubuk tersebut jadi akan dimasukan ke dalam kemasan dengan gram 30 gram dimana itu dapat digunakan untuk 5-7 kali pemakaian, setelah bubuk tersebut berada didalam kemasan maka akan saya pres untuk menutupnya maka dari itu saya juga perlu memiliki alat pres. Setelah semuanya selesai maka akan masuk kedalam tahap pengecekan dimana jika terdapat kemasan yang jelek maka tidak akan di pasarkan. Karena saya masih pemula maka saya belum memiliki team untuk memproduksinya, jadi saya masih memproduksinya dengan tangan sendiri sehinga saya tahu kualitas masker yang saya punya seperti apa.
Cara saya untuk mengenalkan produk saya ini adalah menawarkan terlebih dahulu ke teman-teman terdekat. Lalu saya juga akan memasarkan di beberapa media sosial seperti instagram, twitter, dan tiktok karena ketiga media sosial itulah yang sering sekali dipakai oleh para kaum muda. Dengan demikian akan banyak sekali orang-orang yang mengetahui keberadaan brand saya ini. Untuk persoalan keuangan saya serahkan semuanya ke ibu saya, karena jujur saya kurang memahami tentang permasalahan keuangan. Walaupun ibu saya yang megang tetapi saya juga mengetahui nominal yang keluar dan nominal yang di dapat.
Nah itulah penjelasan singkat saya tentang produk saya ini, lalu saya akan membat business modelnya dengan menggunakan BMC.




Nah bagaimana? apakah penjelasan saya sudah dapat membuat anda memiliki bisnis yang bagus untuk anda miliki? semoga artikel singkat saya kali ini dapat membuat anda memiliki ide bisnis yang sangat bagus ya. Terima kasih sampai bertemu minggu depan yaaaa


Di bawah ini adalah contoh proposal bisnis dengan menggunakan format PKM-K 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar