Selasa, 09 Juni 2020

IDE BISNIS


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mencari atau menemukan ide bisnis kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ide bisnis??? Ide bisnis (usaha) adalah respon seseorang , banyak orang atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebetuhan disuatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus merupakan langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjadi peluang bisnis atau usaha. Lalu bagaimana sih caranya kita dapat menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif??? Berikut ini akan saya jelaskan 7 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan dalam menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif.
1.      Temukan permasalahan yang dihadapi masyarakat
Hal pertama yang akan di bahas adalah mengenai membaca lingkungan sekitar, artinya kamu perlu turun langsung untuk melihat kondisi lingkungan dan mencari permasalahan yang dihadapi masyarakat.
2.      Lakukan riset produk dan bisnis
Riset perlu dilakukan agar kamu bisa memastikan ide bisnis yang dapat di terima di pasar. Kamu bisa melakukan riset dengan memanfaatkan internet, dengan browsing akan memudahkan kamu menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Kamu bisa menemukan produk dan ide bisnis yang berhubungan dengan ide yang ada dipikiran kamu.
3.      Belajar dari kesuksesan orang lain
Dengan mengamati bisnis yang sudah mapan atau boleh dikatakan sukses kamu akan mengetahui keunggulan dari bisnis tersebut, karena bisnis yang sudah mapan memilii berbagai keunggulan yang dapat kita pelajari sehingga kamu bisa mendapatkan ide bisnis serupa namun mesti dimodivikasi agar bisnis yang akan kamu miliki mempunyai nilai lebih.
4.      Dapatkan inspirasi dari masalah personal
Jika kamu mendapati suatu masalah janganlah mengeluh, berpikir positif dan carilah solusi untuk permasalahan tersebut, karena bisa jadi solusi yang kamu temukan dari permasalahan tersebut akan menjadi sebuah ide bisnis terbaik kamu.
5.      Belajar dari masalah orang lain
Kamu bisa menemukan ide bisnis dari permasalahan yang dikeluhkan oleh orang lain terkait produk yang sudah ada, dari respon orang lain lah kamu dapat mengetahui bahwa terdapat kekurangan dari produk tersebut dengan begitu maka hal ini bisa di jadikan ide yang bagus untuk membangun sebuah bisnis.
6.      Amati trend yang sedang berkembang
Banyak orang yang selalu melihat trend maka dari itu ini adalah kesempatan bagus untuk kamu memulai bisnis sesuai dengan trend yang sedang berkembang saat ini. Kamu dapat mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif, dengan mengikuti trend maka akan dengan mudah dalam menjaring konsumen dalam waktu yang cepat. Namn harus tetap diperhatikan saat kamu ingin memulai bisnis dengan mengikuti trend, usahakan bisnis kamu berbeda dari yang sudah ada setidaknya bisnis kamu memilik nilai lebih sehingga menarik konsumen.
7.      Berfikir out of the box
Pada step ini, kamu harus peka dalam membaca peluang umum yang berada di pasaran. Tidak sedikit bisnis inovatif yang lahir dari gagasan biasa, hanya tetapi dijalankan dari sudut pandang berbeda.
Setelah membahas ke7 sumber inspirasi yang dapat dijadikan acuan untuk menemui sebuah ide bisnis, kali ini saya akan memberitahu contoh bisnis apa saja yang bisa kamu jalani.
1.      Camilan unik
Coba kamu perhatikan zaman sekarang banyak sekali jenis camilan yang unik. Contoh camilan unik ini adalah camilan dengan bumbu rasa telur asin (salted egg), dengan rasa yang unik itulah dapat memikat konsumen untuk membeli dan merasakan camilan unik tersebut.
2.      Katering sehat
Banyak orang yang telah mementingkan penampilan dan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Tetapi tidak banyak orang juga yang ingin mengolah makanan sehat tersebut dengan sendiri, maka dari itulah sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat usaha katering sehat selain itu kamu bisa membuatnya dengan yang unik maka akan mengikat konsumen ingin mencobainya.
3.      Florist
Jika kamu menyukai tanaman bunga maka ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus untuk kamu. Bukan hanya menjual bunga saja tetapi juga mendesain dan merangkai buket, kamu pun dapat mengkombinasikan antara bunga dengan hal apapun yang dapat membuat buket yang kamu buat itu unik dan bagus, maka dari itu akan banyak sekali konsumen yang tertarik.
4.      Desain case handphone
Bagi kebanyakan orang terutama kalangan anak muda, mempercantik penampilan ponsel merupakan sebuah kebutuhan salah satunya adalah dengan menggunakan case. Selain untuk bergaya produk ini juga berfungsi untuk melindungi gadget dari suatu benturan. Tetapi jika case tersebut polos sudah menjadi hal yang biasa, karena kini konsumen sangat menyukai case custom.
5.      Dunia kecantikan
Bukan hanya kalangan wanita yang mementingkan kecantikan tetapi kalangan laki-laki pun juga mementingkan kecantikan, apalagi di zaman sekarang ini yang apa-apa biasanya dilihat dari penampilan baik penampilan pakaian maupun penampilan wajah. Nah dengan begitu kamu bisa menjual beberapa produk kecantikan seperti skincare.
Nah itulah beberapa contoh ide bisnis yang dapat kamu lakukan. Bagaimana? apakah kalian sudah memiliki gambaran untuk bisnis yang akan kamu jalani?? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai bisnis, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih J
Kamu juga dapat menonton video di bawah ini untuk dapat mengetahui apa sajakah sumber-sumber ide bisnis untuk memulai usaha sendiri :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar