Sabtu, 30 Mei 2020

BUSINESS PLAN



Apa itu business plan (BP)??? Business Plan adalah rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Setelah kamu sudah mengetahui pengertian dari business plan maka sekarang kita akan membahas manfaat yang akan didapatkan jika kita menggunakan business plain pada bisnis yang akan kita jalankan. Ada 4 manfaat yang bisa kamu terima jika kamu menerapkan business plain yaitu :
1.      Untuk mengumpulkan dana
Business plan yang sudah disusun bertujuan untuk mencari investor agar bisa memberikan modal bisnis yang kamu jalankan. Jadi, plan yang dibuat bisa dijadikan semacam proposal dan diberikan kepada investor agar mereka tertarik memberikan modal usaha.
2.      Bisnis lebih terarah dan fokus
Stratego bisnis, jenis bisnis, serta jenis pemasarannya dapat ditentukan denganbusiness plan agar bisnis yang dijalankan semakin fokus dan terarah.
3.      Memiliki gambaran kedepan
Artinya dengan menerapkan business plan kita dapat melihat pergerakan bisnis kita apakah berhasil ataupun tidak. Contoh di tahun pertama kamu sudah menerapkan business plan, berapa pendapatan dan kenaikan bisnis kamu berapa persen, lalu nanti di tahun ke tiga berapa persen lagi keuntungan kamu dan di tahun ke lima apakah bisa kita expand atau tidak jadi semua ada gambarannya.
4.      Menaikkan level bisnis
Suatu plan yang sudah disusun dengan matang dan sudah diperhitungkan pasti akan menambahkan level bisnis kita. Tapi perlu di ingat, kamu juga harus tahu langkah-langkah dari bisnis plan sebelum memulainya yaitu :
-          Mengenal bisnis yang akan dibuat
-          Menentukan pasar
-          Membuat rancangan bisnis
-          Menentukan visi
-          Membuat business plan secara professional
Business plan juga memiliki prinsip-prinsip yaitu di antaranya adalah :
1.      Prinsip otonomi adalah pengusaha memiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.
2.      Prinsip kejujuran ialah jujur sangat penting dalam berbisnis atau berusaha, karena dengan jujur bisnis yang kita bangun akan berjalan sesuai rencana.
3.      Prinsip keadilan ialah dalam berbisnis ini kita harus mengaktualkan visi misi yang telah kita buat agar bisnis ini sesuai dengan rencana yang kita harapkan.
4.      Prinsip saling menguntungkan ialah didalam bebisnis tidak hanya menguntungkan sebelah pihak, tetapi harus sama-sama saling menguntungkan dan menerapkan keadilan untuk langkah lebih tepay untuk mewujudkan dan menciptakan iklim persaingan yang sehat didalam pasar tersebut.
5.      Prinsip integritas moral ialah seorang pengusaha bukan hanya mengambil keuntungannya saja, tetapi perusahaan itu harus memiliki media yang baik bagi masyrakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik bagi bisnis bagi perusahaan didalam dunia usaha tersebut.
Di dalam sebuah business plan pasti memiliki komponen atau format, sekarang saya akan memberi tahu format business plan sederhana.
I.                   Pendahuluan
Antara lain berisi penjelasan mengenai :
1.      Latar belakang dan motivasi melakukan usaha
2.      Justifikasi pemilihan obyek usaha.
3.      Tujuan Usaha yang hendak dicapai

II.                Analisis Produk
Antara lain berisi penjelasan mengenai :
1.      Jenis dan nama produk, karakteristik produk
2.      Keunggulan produk dibanding dengan produk lain di pasaran
3.      Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku

III.             Analisis Pasar
Antara lain berisi uraian mengenai :
1.      Profil konsumen
2.      Potensi dan segmentasi pasar
3.      Pesaing dan peluang pasar
4.      Media promosi yang akan digunakan
5.      Target atau rencana penjualan satu tahun
6.      Strategi pemasaran yang akan diterapkan

IV.             Analisis Produksi/Operasi
Antara lain berisi uraian mengenai :
1.      Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan
2.      Pasokan bahan baku
3.      Proses produksi/operasi
4.      Rencana produksi selama 1 tahun

V.                Analisis Keuangan
Antara lain menjelaskan tentang :
1.      Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai perhitungannya)
2.      Penentuan harga pokok penjualan
3.      Rencana Neraca awal dan Neraca Akhir Tahun
4.      Rencana Laporan Laba/Rugi
Nah, bagaimana apakah kalian sudah dapat memahami tentang business plan? Selain kalian bisa membaca artikel di atas kalian juga bisa membuka video yang ada di bawah ini, saya menjelaskan langkah-langkah dalam membuat business plan. Semoga kalian memahaminya, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih semoga ini dapat membantu anda J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar